Selasa, 02 Oktober 2012

TIPS HIDUP SEHAT ALAMI

Manfaat Wedang Uwuh

Manfaat Wedang Uwuh adalah, oleh masyarakat Jogja, sudah dikenal sejak lama sebagai obat batuk yang membandel. Didalamnya terkandung beraneka ragam rempah, daun dan gula batu. Apa Itu Wedang Uwuh ?


Wedang Uwuh adalah, jika kita pergi ke Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi minuman khas kota ini. Ya Benar, namanya Wedang Uwuh. Lalu apa sih yang dimaksud dengan wedang uwuh ini, berikut penjelasan singkatnya. Wedang adalah berasal dari bahasa Jawa yang artinya minuman, kata uwuh berasal dari bahasa Jawa juga yang memiliki arti sampah. memang agak aneh ya, namun karena memang racikan minuman ini mirip sampah maka dinamakan Wedang Uwuh atau Minaman Sampah. Wedang uwuh dengan cita rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah ini dianjurkan disajikan dalam kondisi hanya untuk memunculkan aroma harum khas. Rasa pedas dihasilkan dari bahan baku jahe, untuk warna merah ini dihasilkan dari secang.
Bahan Bahan Yang Ada di Dalam Wedang Uwuh
Jahe
Dalam banyak penelitian, jahe adalah bersifat antikoagulan (anti penggumpalan darah), artinya Jahe ini mampu digunakan sebagai pencegah penyumbatan pembuluh darah, yang merupakan pemicu stroke, serta mencegah serangan jantung. Jahe juga digunakan sebagai penurun kadar kolesterol serta meminimalisasi penyerapan kolesterol pada darah dan hati.

Kayu Secang ►
Kayu ini lah yang memberikan warna merah pada Wedang Uwuh. Masyarakat Yogyakarta telah lama mengenal Kayu Secang (Caesalpinia sappan), kayu ini diganakan dalam ramuan untuk pengobatan seperti sifilis, batuk darah, dan radang. Kayu Secang ini juga memiliki kemampuan sebagai antioksidan, antikanker, memperlancar peredaran darah, serta melegakan pernapasan.
Cengkeh ►
Semua yang ada dalam pohon Cengkeh, baik itu bunga, batang, serta daun sudah sejak lama terbukti memiliki khasiat untuk meredakan sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah, kembung, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, terlambat haid, rematik, campak, dan lain-lain.
Kayu Manis ► 
Kayu manis dan Daun Kayu manis ini lah yang memberikan “Wedang Uwuh” memiliku aroma segar dan khas. Campuran jahe dan kayu manis berkhasiat memiliki fungsi sebagai penambah daya tahan tubuh, ini dikarenakan kandungan antioksidannya tinggi.
Pala ►
Pala dan daun pala memiliki keharuman semerbak, ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Kandungan kimia flavonoid, saponin dan polifenol dapat mengatasi batuk berlendir, membantu pencernaan, penghilang kejang otot, menghilangkan nyeri, mengobati masuk angin, insomnia (gangguan susah tidur), bersifat stomakik (memperlancar pencernaan dan meningkatkan selera makan), melancarkan sirkulasi darah, karminatif (memperlancar buang angin), antiemetik (mengatasi rasa mual mau muntah karena masuk angin), nyeri haid, rematik dll.
Akar Sereh dan Daun Sereh ►
Akar Sereh sejak lama digunakan sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak / obat batuk, bahan untuk kumur, dan penghangat badan. Daun: digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.
Kapulogo ►
Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk dan untuk mencegah keropos tulang.
Gula Batu ►
Gula batu memberikan rasa manis yang khas tanpa menghilangkan aroma dan citarasa asli bahan-bahan ramuan “Wedang Uwuh” ini.
Monggo dibeli wedang uwuhnya di sini http://id-wedanguwuh.blogspot.com/
Jus Buah Apel


Jus Buah, siapapun tahu, idola minuman yang pas dinikmati ketika siang hari terik. Resep jus apel hijau nikmat dapat anda coba sebagai pelepas dahaga. Jangan lupa, jus apel juga merupakan salah satu Jus Diet Mujarab untuk meluruhkan lemak.
Jus buah apel hanya mengandung kalori sebesar 117, per sajian delapan ons. Sari apel alami mengandung polifenol, satu jenis antioksidan yang bisa melawan kanker. Sari Apel juga merupakan sumber vitamin C, potassium, dan zat besi. Konsumsi apel secara utuh, sekulit-kulitnya,  karena sebagian besar serat dan nutrisi terdapat pada kulit apel. Tambahkan daun mint untuk menghasilkan sensasi hangat yang meresap
Bahan resep jus buah apel hijau :
  • 4 buah apel hijau segar
  • 1-2 lembar daun mint
  • Gula Rendah kalori atau bahkan non kalori.
  • Air masak
Cara membuat jus buah apel hijau :
  •  Potong-potong apel hijau, buang bijinya, kulit apel tidak perlu dikupas.
  •  Siapkan blender lalu masukkan apel hijau dan daun mint
  •  Masukkan gula, kemudian blender sampai semua bahan menjadi halus
Apabila dirasa Jus Buah Apel ini sudah halus matikan blender dan tuangkan jus buah apel kedalam gelas saji. Selelsai, dan nikmati jus buah apel ini. Eh maaf, hati hati buat yang punya riwayat penyakit maag atau hipotensi.


Virgin Coconut Oil #1


Kelapa, pohon tepian pantai ini sering di sebut dengan pohon kehidupan (tree of life) karena hampi semua bagian tanaman ini dapat digunakan untuk kehidupan.Pohonnya untuk bahan bangunan, daunnya untuk atap, dinding, sapu, kerajinan. Pelepahnya untuk kayu bakar. Bunga manggarnya untuk bahan gudheg manggar, sabut kelapanya untuk bahan sapu, kerajinan, cocopit, kayu bakar. Bathok kelapanya untuk kerajinan, pembuatan arang serta kayu bakar. Apalagi ya?
Minyak kelapa telah digunakan sebagai sumber makanan utama selama ribuan tahun oleh jutaan penduduk Asia, Kepulauan Pasifik, Afrika dan Amerika Tengah, juga Pada th 3960 (S.M 3960) minyak kelapa dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat dan kecantikan, bukti ini tercantum dalam kitab Ayurveda India.
Minyak kelapa murni (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.
Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.
Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.
Pembuatan minyak kelapa murni ini memiliki banyak keunggulan, yaitu:
  • tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah
  • pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit, serta
  • penggunaan energi yang minimal, karena tidak menggunakan bahan bakar, sehingga
  • kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.
Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa, atau sering disebut dengan minyak goreng (minyak kelapa kopra), minyak kelapa murni mempunyai kualitas yang lebih baik. Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecoklatan, berbau tidak harum, dan mudah tengik, sehingga daya simpannya tidak bertahan lama (kurang dari dua bulan). Dari segi ekonomi, minyak kelapa murni mempunyai harga jual yang lebih tinggi dibanding minyak kelapa kopra, sehingga studi pembuatan VCO perlu dikembangkan.
Minyak kelapa mulai menurun pada tahun 1950-an karena terjadi persaingan yang sengit antara minyak kelapa dan minyak-minyak nabati terutama minyak kedelai termasuk minyak kelapa sawit. Minyak kedelai (minyak tak jenuh) minyak yang diproduksi para petani di Amerika sedang minyak kelapa (minyak jenuh) diimport dari luar. Persaingan sengit ini berlanjut dan mencapai puncaknya pada tahun 1980-an dengan munculnya kampanye anti minyak tropis yang dimotori oleh American Soybean Association (ASA), produsen terbesar minyak kedelai.
ASA menuding minyak kelapa (minyak tropis/minyak jenuh) penyebab munculnya penyakit-penyakit modern seperti Stroke, jantung, kolesterol, kanker, diabetes mellitus dll, sehingga banyak masyarakat Amerika dan dunia termasuk Indonesia terpengaruh atas isu tersebut sehingga minyak kedelai menguasai seluruh pasar minyak pada waktu itu dan minyak kelapa terpuruk.
Pada perkembangan selanjutnya para peneliti minyak kelapa di Amerika menyatakan bahwa secara ilmiah tuduhan tersebut tidak benar justru dengan tidak mengkonsumsi minyak kelapa berakibat muncul penyakit-penyakit modern tersebut.
Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli minyak kelapa di Amerika bahwa penduduk asli kepulauan Pasifik selama ribuan tahun mengkonsumsi minyak kelapa tidak ditemukan penyakit-penyakit modern/penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, kanker, diabetes, kolesterol, obesitas dli. Penyakit modern ini mulai muncul setelah penduduk perbatasan kepulauan tsb mengikuti pola makan Barat dan meninggalkan makanan utama mereka yaitu minyak kelapa, sedangkan penduduk asli yang tidak mengikuti pola makan Barat hingga saat ini tidak ditemukan penyakit modern tsb.
Gaung minyak kelapa mulai bangkit setelah para pakar VCO dunia mempublikasikan temuan tsb ke media Internet, seminar-seminar ke seluruh dunia tentang manfaat virgin coconut oil bagi kesehatan kita. Para ahli ini membuktikan bahwa minyak kelapa sangat baik untuk kesehatan kita bukan sebaliknya.
Pada tahun tahun terakhir ini mulai dipopulerkan betapa banyaknya penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi VCO secara teratur dan rutin.


Apakah Zat Aditif Itu? 


Lalu Bagaimana Ciri-ciri Makanan Mengandung Zat Aditif Berbahaya? Inilah beberapa ciri makanan dengan zat aditif berbahaya
 1 Ciri makanan berformalin:
-       Mie basah berformalin: tidak lengket, lebih mengkilap, tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar, dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es (10 de-rajat Celcius).
-       Tahu berformalin: teksturnya terlampau keras, kenyal tetapi tidak padat. Tidak rusak sampai 3 hari dalam suhu kamar dan bisa tahan 15 hari dalam kulkas.
-       Ikan berformalin: warna insang merah tua tidak cemerlang, bukan merah segar, dan warna daging ikan putih bersih. Tidak rusak sampai 3 hari pada suhu kamar.
-       Ikan asin berformalin: bersih cerah dan tidak berbau khas ikan asin. Tidak dihinggapi lalat di area berlalat, tidak rusak sampai lebih dari 1 bulan pada suhu 25 derajat Celcius.
-       Bakso berformalin: teksturnya sangat kenyal, tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar.
-       Ayam berformalin: teksturnya kencang, tidak disukai lalat, tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar.
2.    Ciri makanan mengandung boraks:
-       Mie basah: teksturnya kenyal, lebih mengkilat, tidak lengket, dan tidak cepaf putus.
-       Bakso: teksturnya sangat kenyal, war­na tidak kecoklatan seperti penggunaan daging, tetapi lebih cenderung keputihan.
-       Snack: misalnya lontong, teksturnya sangat kenyal, berasa tajam, sangat gurih, dan memberikan rasa getir.
-       Kerupuk: teksturnya renyah dan bisa menimbulkan rasa getir.
3. Ciri makanan menggunakan pewarna rhodamin B dan methanyi yellow:
-       Warnanya mencolok.
-       Cerah mengkilap.
-       Warnanya tidak homogen (ada yang menggumpal).
-       Ada sedikit rasa pahit.
-       Muncul rasa gatal di tenggorokan setelah mengonsumsinya.
Adakah yang tahu bagaimana ciri makanan gorengan yang menggunakan plastik bening sebagai campuran minyak gorangnya? Share Dunk!

Apakah Zat Aditif Itu

Apakah Zat Aditif Itu? Pernah dengar agar awet bakso atau mie diberi bahan aditif formalin? Pernah dengar plastik bening yang dimasukkan ke minyak mendidih agar hasil gorengan menjadi renyah dan awet renyah?
Zat Aditif adalah zat kimia tambahan yang diberikan daiam jumlah kecil. Zat aditif ini biasanya ditambahkan pada proses pembuatan, penyimpanan atau pengepakan makanan. Tujuan penambahan Zat aditif adalah untuk memperbaiki rasa, memperindah bentuk, memberi warna yang menarik, menambah nutrisi seperti vitamin dan mineral, serta menjaga kesegaran makanan dengan cara mrenghambat proses pembusukan. Bahan aditif juga digunakan untuk mempermudah atau mempercepat proses pembuatan makanan.
Penambahan aditif ini sebetulnya Su­dan lama dilakukan masyarakat, salah satu contoh zat aditif alami yang sering di­gunakan masyarakat adalah garam, yang digunakan sebagai pemberi rasa asin atau pengawet. Zat aditif alami yang lain seperti gula, kecap, asam, dan bumbu dapur seperti kunyit, pandan, cabai yang merupakan zat aditif alami yang diberikan sebagai pemberi warna di samping pula memberikan rasa yang khas. Terasi, apa juga termasuk zat aditif ya?
Bahan aditif yang diberikan pada makanan dengan tujuan untuk menam­bah nilai gizi, misalnya yodium yang diberikan ke dalam garam dapur, vitamin D yang ditambahkan ke dalam susu, vita­min C yang ditambahkan ke dalam minuman, vitamin A yang diberikan ke dalam mentega, kalsium yang diberikan ke dalam biscuit dan Iain-Iain.
Bahan aditif yang diberikan untuk memperkuat rasa dan aroma makanan, misalnya MSG atau monosodium glutamat, bahan ini diperdagangkan sebagai vetsin, yang dibuat dari asam glutamat. Sebagai pengemulsi dalam es krim digu­nakan gelatin atau agar-agar. Bahan aditif lain yang diberikan sebagai pemberi rasa manis pengganti gula seperti aspartame dan saccharin. Sebagai bahan pengawet agar makanan lebih tahan lama digu­nakan asam benzoat dan asam pro-pionat. Bahan aditif yang diberikan untuk rneniru rasa buah-buahan antara lain senyawa ester seperti amilasetat = rasa pisang, ami! velerat = rasa ape!, butil butirat = rasa nanas, dan butil propionat = rasa rum.
Pernah dengar agar awet bakso atau mie diberi bahan aditif formalin? Pernah dengar plastik bening yang dimasukkan ke minyak mendidih agar hasil gorengan menjadi renyah dan awet renyah?
Penggunaan bahan aditif makanan haruslah hati-hati, terutama zat aditif sin­tesis atau yang bukan alami, karena zatsintesis ini merupakan zat asing bagi tubuh yang dapat menyebabkan penyakit Penggunaan zat aditif makanan di Indonesia dikendalikan Kementerian Kesehatan Rl.

Cara Gampang Menurunkan Berat Badan


Menjadi anggota gerombolan si Berat,  sungguh merupakan masalah yang menyusahkan bagi banyak orang.  Karena berkaitan dengan yang namanya performance, maka orang dengan masalah ini, biasanya ingin balik langsaing lagi. Minimal di status pesbuk, “Sumpah! Saya dulu langsing!” :D
Tahu betapa kaum obesitas ini ingin kurus lagi, maka para ‘kapitalis’ :D pun memanfaatkan dengan beraneka ragam program kembali kurus. Dari pijat kurus, program diet, makanan pengganti, obat pelangsing, pokoknya semua yang berbau slimming slimming ditawarkan. Dengan janji janji tentunya.
Sebenarnya, dengan cara sederhana saja, ternyata ada cara kembali menjadi langsing. Ambil buah labu kuning — banyak yang menyebutnya waluh –
  1. Kupas dan buang isinya. Rebus atau kukus
  2. Jadikan sebagai pengganti sarapan pagi dan makan malam
  3. Lakukan rutin
  4. Hindari makan gorengan, hindari lemak.
  5. Olah raga teratur
Amati berat badan anda setelah 2 minggu dilakukan. Gampang kan?



Tips Agar Langsing


Tips Sehat Alami | Punya badan badminton — Badan Mirip Tronton , kayak saya juga, katanya bisa bikin ga pede. Mau langsing? Ini nih resepnya..
Bahan :
Wortel,jeruk,bit,buah kiwi dan brokoli. Masing masing 1 Jempol tangan. Nah lo… dikira kira saja.
Cara Meramu :
Cuci bersih wortel, buah kiwi, brokoli, bit. Jeruk nya kupasan ya… Buah kiwinya 1/4 biji saja. Kan agak mahalan ya…
Jadikan jus bahan bahan tadi dengan menggunakan apa saja. Bianya sih diblender. Tambahkan air 1 gelas 200 cc – 250 cc. Kalau mau enak, tambah sedikit madu. Tuang ke dalam gelas beserta serat seratnya. Makanya janga disaring.
Cara minum :
Ya glek gitu saja.. Minum semuanya sekaligus, sehari sekali saja setelah makan. Pagi boleh sore boleh. Jangan lupa abaikan yang namanya gorengan dan stop makan sumber karbohidrat setalah jam 7 malam.
Dah, gitu saja, tapi meski siap siap bolak balik ke wc. Buang air kecilnya jadi sering. Gpp sih.. Nah bagi yang suka pesbukan, bisa sering sering nytatus gini nih … “On The Way To WC” :D
Oh iya, maskimal dilakukan 3 bulan berturut turut. Kalau mau dilanjutkan, musti diberi jeda 1 – 2 bulan dulu. Jangan tanya mengapa, saya juga ga tahu. Tapi begitu wanti wanti dari pemberi informasi. Selamat ber diet jus … Semoga sukses langsing… aamiinn..

Kurangi Resiko Kanker Prostat Dengan Kopi



Ngopi, sederhana, nikmat, hangat… sruputtt.. ahhh…, Tapi tahukah Anda manfaat minuman hitam ini , bagi kaum pria?. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 48 ribu pria, disimpulkan bahwa ngopi dapat mengurangi resiko kematian akibat kanker prostat. Benarkah?
Tentu saja survey ini menjadi kabar gembira bagi kaum Adam penikmat kopi. Mereka yang minum enam atau lebih cangkir kopi dalam sehari ditemukan 20 persen lebih sedikit untuk menderita kanker prostat, salah satu penyakit kanker yang umum diderita pria. Tidak hanya itu, mereka juga 60 persen lebih sedikit untuk menderita bentuk kanker agresif yang dapat menyebar ke bagian tubuh lain.
Meski demikian, jangan buru-buru memborong berpuluh-puluh sacchet kopi untuk persediaan sebulan karena bukti penelitian yang dilaporkan dalam journal National Cancer Institute ini dianggap masih belum jelas. Para ahli belum merekomendasikannya untuk mencegah kanker prostat dan masih melakukan penelitian lebih lanjut.
Survet itu sendiri dilakukan di Amerika Serikat pada pria-pria yang bekerja sebagai profesional di bidang kesehatan. Setiap empat tahun antara 1986 dan 2006, mereka diminta melaporkan rata-rata asupan harian minuman kopi mereka. Selama rentang 20 tahun itu, tercatat 5035 orang didiagnosis kanker prostat dan 642 orang di antaranya memiliki kasus fatal.
Pada penelitian tidak terdapat perbedaan antara minuman kopi yang mengandung kafein maupun non-cafein. Ini menimbulkan dugaan bahwa kafein bukanlah penyebabnya. Namun, bahkan kopi dalam jumlah sedikit, sekitar satu hingga tiga cangkir sehari, ditemukan penurunan resiko kematian karena kanker prostat hingga 30 persen. Sehingga para peneliti memikirkan kemungkinan adanya senyawa tertentu dalam kopi yang belum diketahui.
Dr. Kathryn Wilson, kepala penelitian tersebut yang berasal dari Harvard School of Public Health, Boston, menyatakan, “Saat ini kami masih belum tahu faktor resiko yang bisa mengubah atau mengontrol untuk menurunkan resiko kematian kanker prostat. Bila penemuan kami sahih, kopi bisa mewakili satu faktor yang bisa diubah untuk mengurangi resiko menderita bentuk kanker prostat yang paling bahaya.”
Sayangnya, seperti disampaikan oleh Dr. Helen Rippon dari The Prostate Cancer Charity, belum ada penelitian lain yang menunjukkan hubungan yang sama antara ngopi dengan turunnya resiko kematian akibat kanker prostat. Karena itu, ia menganggap bukti penelitian itu masih belum jelas.
“Meskipun penelitian itu merupakan pengetahuan baru buat kita, penelitian itu masih jauh. Kami belum merekomendasikan pria yang tidak punya kebiasaan minum kopi untuk meminumnya demi mencegah kanker prostat,” ujarnya.
Peminum kopi berat justru punya masalah kesehatan lain. Pria dengan masalah prostat jinak kalau dibiasakan minum kopi justru akan membuat gejala sering buang air kecil jadi bertambah buruk.
“Pria tidak perlu minum berliter-liter kopi untuk menurunkan kanker prostat,” ujar Yinka Ebo, petugas informasi kesehatan senior di Cancer Research, Inggris. Lanjutnya, “Sejumlah studi lain meneliti kopi dan kanker prostat merupakan bahwa minum kopi tidak mempengaruhi resiko penyakit. Hanya studi ini yang menemukan resiko lebih rendah kanker prostat stadium lanjut pada pria yang minum lebih dari enam cangkir sehari. Kami masih perlu melihat hasil penelitian serupa dalam studi-studi yang lebih besar sebelum kami yakin konsumsi kopi mempengaruhi resiko kanker prostat.”
Tips Menyehatkan Jantung


Tips Hidup Sehat. Jantungen! Mati Jantungen! Angin Duduk! Apa lagi ya? Mati mendadak, pada kebanyakan kejadian merupakan buah dari serangan jantung. Tahukah Anda, 7 tips sederhana berikut bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan kesehatan jantung Anda?.
Bernapas Dalam dan Perlahan. Pernapasan dalam dan perlahan akan mengurangi beban kerja jantung, membuat jantung lebih kuat, bekerja lebih efisien, mendapat cukup oksigen, mengurangi hipertensi, dan membuat jantung awet.
Tidur yang cukup. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2010 menunjukkan bahwa orang yang tidur hanya enam jam sehari atau kurang, tubuhnya beresiko memiliki banyak protein C-reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung.
Rutin Jalan Kaki 30 – 45 menit per hari. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine menyatakan bahwa jalan kaki dengan cepat selama tiga jam seminggu akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung koronan sekitar 30 – 40 persen. Studi yang dilakukan peneliti dari Duke University Medical Center, Durham, AS, juga mengemukakan bahwa jalan cepat 30 – 45 menit per hari (atau 2 – 3 jam per minggu) akan menjaga kesehatan jantung.
Konsumsi Buah Setiap Hari. Buah akan mendukung kesehatan jantung. Tak perlu buah yang mahal kok, cukup buah-buahan tropis yang murah dan mudah didapat. Misalnya saja pisang yang kaya akan potasium yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga otot jantung. Atau pepaya dan jeruk yang mengandung vitamin C, folat, serat dan karotenoid yang bersifat antioksidan dan baik untuk jantung. Selain itu, Melon juga kaya akan vitamin C, potasium, dan antioksidan karotenoid. Ada seorang sahabat yang selalu membeli buah apapun pada musimnya. Sehingga murah,
Konsumsi Sayuran Setiap Hari . Berbagai sayuran yang mudah dibeli di pasaran juga baik untuk jantung. Di antaranya:
Bayam, mengandung vitamin C dan betakaroten yang akan menjaga kesehatan pembuluh darah arteri. Juga kaya akan potasium dan magnesium yang penting untuk mengatur kerja otot jantung serta menurunkan hipertensi. Asam folatnya dapat menurunkan kadar homosistein yang bisa menimbulkan penyakit jantung. Peptida-nya, menurut studi yang ditulis dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, dapat menurunkan hipertensi.Brokoli, memiliki banyak zat pelindung jantung, seperti vitamin C, A, dan sulforafan.Tomat, adalah sumber likopen yang sangat baik. Hasil studi terbaru dari Harvard menyatakan, konsumsi likopen akan mengurangi resiko serangan jantung hingga 50 persen. Itu karena likopen mampu mencegah kerusakan sel di arteri.
Minum Air yang Cukup. Studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology tahun 2002 menemukan orang yang minum lebih dari lima gelas air per hari, resiko terkena serangan jantung akan berkurang hingga 41 persen. Kekurangan air akan membuat otot jantung bekerja keras dan darah menjadi lebih kental.
Tersenyum dan tertawa. Senyum dan tawa baik untuk sirkulasi darah, mengurangi beban pembuluh darah, dan mencegah penyakit jantung. Buka dan baca buku humor, nikmati film humor. Masih nggak bisa tersenyum juga? Bilang saja "Ciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiissssssss!"


Sembilan Cara Mudah Berolah Raga Di Rumah


Tips Hidup Sehat. Olah raga? Ah nantio dulu. Repot, sibuk ga ada waktu, dan sejut alasan. Nggak bapak bapak, ibu ibu, anak anak. Utamanya yang memang malas berolah raga. Tahukah Anda sembilan macam kegiatan berikut merupakan solusi mudah mudah dan murah untuk Anda tetap bisa rutin berolahraga, meskipun hanya di dalam rumah?.
Powered by : Crystal X
1. Mondar-mandir jalan kaya seterika :D
Pindahkan belanjaan dari bagasi mobil ke dalam rumah, dari ruang depan ke daput, atau angkat pakaian dari mesin cucui ke tempat jemuran. Jangan sekaligus, tapi sedikit demi sedikit, sehingga memaksa Anda untuk bolak-balik, ya kaya’ seterika tadi :D . Lakukan juga sambil menerima telepon. Kalau yang menelpon teman atau sahabat, ketika anak-anak sudah berangkat sekolah dan suami ke kantor, biasanya memakan waktu berjam-jam. Gunakan itu sekalian untuk berolahraga. Tapi awas, jangan makan sambil mondar mandir ya! Ga Elok!
SUrvey oleh Syracuse University yang dilaporkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise menegaskan bahwa jalan kaki 1.600 meter pada perempuan bisa membakar sekitar 74 kalori. Lumayan, kan?
2. Naik Tangga
Bukan tangga babmu lho. Tapi ‘undhak-undhakkan’, ini merupakan alat yang efektif untuk membakar kalori. Naik turun tangga satu dua anak tangga dalam sekali langkah. Hati-hati agar tidak terpeleset dan terjatuh.
Situs EverydayHealth melansir, kegiatan naik-turun tangga ini dapat membakar sekitar 300 kalori jika dilakukan selama 30 menit.
3. Bermain Petak Umpet
Ketimbang membiarkan anak-anak berdiam di depan televisi atau main video games, ajaklah mereka menikmati sore yang cerah di luar rumah atau bermain petak umpet di dalam rumah. Tapi jangan ngumpet mulu… Menurut studi yang dilakukan Harvard Medical School, bermain dengan anak-anak cukup efektif untuk membakar kalori. Sekitar 149 kalori dapat terbakar dengan bermain bersama buah hati Anda selama 30 menit.
4. Jalan-jalan
Jika anak Anda masih kecil, Anda bisa menggendongnya atau mendorong stroller sambil berkeliling di sekitar rumah Anda. Mendorong stroller selama satu jam bisa membakar sekitar 150 kalori bagi orang dengan berat badan sekitar 65 kg. Sedangkan menggendong si kecil bisa membakar hingga 210 kalori.
5. Berenang
Jika rumah Anda memiliki kolam renang, tidak ada salahnya jika sesekali Anda menikmati kegembiraan bersama anak Anda dan ikut menemani mereka berenang. Berhubung air memberikan resistensi alami, maka gerakan di dalam air akan lebih menantang tubuh Anda dan membakar lebih banyak kalori. Berenang selama 30 menit bisa membakar sekitar 400 kalori.
6. Memasak Lebih Sering
Menyiapkan makanan setiap kali tiba waktu makan memerlukan lebih banyak tenaga ketimbang tinggal memanaskan di dalam microwave. Selain tubuh lebih aktif, keluarga juga lebih senang dan sehat dengan suguhan olahan segar setiap kali makan. Jangan lupa mampir ke ResepRecipe.Com ya jika butuh resep-resep masakan yang top
7. Push-up
Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja ketika Anda memiliki waktu luang. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk berlomba push-up. Dalam suasana yang menyenangkan, tentu Anda juga bisa melakukannya tanpa merasa terpaksa.
8. Lompat tali
Olah tubuh ini juga bisa menjadi kegiatan yang menarik bagi anak-anak. Lompat tali bisa dilakukan di garasi, ruang keluarga, di teras rumah, halaman rumah, atau dimana saja asal cukup ruang. Latihan ini baik untuk menjaga kesehatan jantung dan membangun otot.
Jumlah kalori yang terbakar bervariasi tergantung ukuran tali dan berat badan seseorang. Umumnya, lompat tali selama 15 menit dengan kecepatan sedang bisa membakar sekitar 200 kalori dan jika dilakukan selama 10 menit bisa membakar sekitar 121 kalori.
9. Tapi ini yang spektakuler dan super mudah. Berswaisolah. Apa itu? Klik di sini.
Selamat Berswasio… Eh.. Berolah Raga!


Tips Hidup Sehat Saat Puasa


Tips Hidup Sehat. Berikut Tips Tips Seputar Puasa.
“Banyak keuntungan yang diperoleh diambil dengan berpuasa yaitu proses detoksifikasi tubuh dari jenis jenis racun, mengurangi berat badan, memurnikan kerja otak, terlihat lebih muda, dan bisa melatih kesabaran seseorang. Kondisi ini pastinya akan membuat organ tubuh mendapat diskon dari beban kerja yang berat.”
“Puasa menuntut orang makan jadi lebih sedikit, terlebih bila bisa mengurangi makan-makanan manis tidak alami yang nantinya akan direspons positif oleh tubuh. Begitu juga ketika sahur dengan porsi makan yang lebih sedikit dan gerak tubuh selama beribadah yang lebih banyak akan membuat tubuh lebih ringan.”
Powered by : Crystal X
“Puasa yang dilakukan dengan benar akan menjadikan denyut jantung teratur, pelepasan insulin berjalan baik dan gula darah lebih terkontrol. Ini karena puasa adalah proses detoksifikasi yang membuang racun lebih sedikit sehingga ginjal, liver dan sistem pencernaan tidak mendapat beban kerja yang berat.”
“Jika tak ingin bau mulut saat puasa, segera sikat gigi setelah makan sahur karena setelah 2 menit sisa makanan yang menempel di mulut dengan cepat menjadi asam. Selain itu kurangi makanan manis atau karbohidrat tinggi karena akan mempercepat metabolisme mulut menjadi asam.”
“Air kelapa membantu menghilangkan rasa haus dan mengganti konsumsi air yang hilang setelah 14 jam lebih berpuasa seharian, karena air kelapa mengandung komposisi elektrolit atau mineral yang seimbang dan mirip dengan cairan darah manusia.”
“Mengantuk saat puasa bukan hanya karena kurang tidur, tetapi juga karena metabolisme tubuh yang berubah. Sebagian besar penyebab mengantuk saat puasa karena menurunnya kadar glukosa dalam darah yang membuat otak sulit berkonsentrasi.”
“Puasa adalah proses detoksifikasi yang bagus karena bisa membersihkan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Lewat detoks, makanan yang masuk ke dalam tubuh dan menjadi racun karena mengandung lemak jahat dan kolesterol bisa dibersihkan.”
“Makanan dan minuman manis memang dianjurkan untuk santapan awal buka puasa. Tapi bukan berarti semua yang manis boleh dikonsumsi, terlebih bila mengandung kadar gula tinggi. Idealnya, buka puasa dengan makan 3 buah kurma. Selain manis, kurma juga merupakan karbohidrat kompleks yang membuat gula diserap tubuh secara perlahan.”
“Ibu menyusui bisa puasa dengan tetap makan tiga kali, yakni saat sahur, buka puasa dan setelah taraweh. Hal terpenting, ibu menyusui harus banyak minum air putih agar produksi ASI tetap terjaga.”
“Saat puasa, penderita gangguan lambung sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gas (lemak, sawi, kol, pisang ambon dan minuman bersoda), makanan yang merangsang produksi asam (kopi, alkohol, sari buah sitrus), makanan yang sulit dicerna (makanan berlemak, keju) dan makanan yang merusak dinding lambung (cuka, pedas, bumbu yang merangsang).”
#
“Saat puasa jika memungkinkan, cobalah tidur sejenak di awal siang untuk mengumpulkan energi. Serta hindari panas dan sinar matahari yang berlebihan karena bisa menyebabkan dehidrasi.”
“Larutan isotonik berfungsi untuk menggantikan cairan atau ion tubuh yang hilang melalui keringat akibat beraktivitas berat. Sehingga pada saat sahur sebenarnya larutan ini tidak terlalu dibutuhkan, karena saat sahur orang justru baru bangun tidur dan tidak mengalami kehilangan banyak cairan.”
“Buah-buahan yang mengandung banyak air bisa membantu menjaga kecukupan cairan selama berpuasa sepanjang hari. Melon, semangka, timun dan tomat termasuk buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat makan sahur dan berbuka.”
“Risiko dehidrasi rentan mengintai pasien diabetes yang sedang berpuasa. Bila ingin tetap puasa, pasien diabetes disarankan untuk banyak minum air yang diatur frekuensinya dari setelah buka puasa hingga menjelang sahur.”
“Jangan langsung tidur sehabis makan sahur karena bisa menyebabkan refluks esofagus (kembalinya makanan dari lambung ke dalam esofagus). Bila ini terjadi, makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah menuju ke kerongkongan, yang juga membawa asam lambung.”
“Tidak semua ibu hamil bisa berpuasa karena kondisi-kondisi tertentu dapat mempersulit kehamilannya. Jika kondisi tubuh bagus, Waktu yang aman untuk ibu hamil berpuasa adalah trimester kedua atau sekitar bulan ke-4 sampai awal bulan ke-7 atau awal bulan ke-8.”
“Bila ingin menjaga kebugaran saat berpuasa lakukan jalan kaki usai sahur, tapi jika olahraganya untuk badan kuat dan berotot seperti angkat beban, lari, gym lakukan olahraga itu saat menjelang berbuka.”
“Terlalu banyak tidur saat berpuasa justru bikin lemas, karena tubuh yang seharusnya kondisi siaga tapi sengaja ditidurkan maka otot-otot tubuh akan melemas. Sehingga pada saat berusaha melakukan sesuatu, tubuh tidak siap melakukannya.”
“Saat berbuka sebaiknya tidak langsung makan dalam porsi besar. Mulailah dengan porsi kecil seperti sup, kolak atau makanan pembuka lain. Ini karena pencernaan perlu adaptasi sebelum makan besar.”
“Jika seseorang menjalankan puasa dengan benar, maka berat badan yang dimilikinya akan turun sekitar 5 persen diakhir puasa karena kalori yang masuk ke tubuh berkurang.”
“Kurangi porsi minum teh, karena teh bersifat diuretik yang membuat lebih sering buang air kecil, sehingga membuat tubuh kekurangan cairan padahal saat puasa pun tubuh sudah kekurangan cairan.”
“Olahraga tetap bisa dilakukan meski sedang berpuasa. Sebaiknya dilakukan pagi hari atau setelah subuh, cukup olahraga ringan yang tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat misalnya jalan-jalan atau yoga, bersepeda selama 30 menit hingga 1 jam.”
“Saat lapar dan stres, tubuh akan meresponsnya dengan melepas lebih banyak kolesterol. Karena minim glukosa, lemak dijadikan sebagai sumber bahan bakar yang akan mengurangi jumlah sel-sel lemak dalam tubuh. Berkurangnya lemak akan membuat tubuh lebih mudah memproduksi insulin dan menjauhi risiko diabetes.”
“Supaya tetap bugar saat berpuasa, makanlah karbohidrat kompleks saat sahur seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah karena kadar gulanya rendah dan menahan kenyang lebih lama hingga 6 jam.”
“Donor darah tetap bisa dilakukan saat puasa yakni saat malam hari setelah taraweh atau pagi hari sebelum jam 10 pagi. Sebaiknya tidak mendonor darah saat siang hari.”
“Bagi penderita kencing manis, lakukan cek sebelum puasa seperti gula darah, tensi, fungsi ginjal, kolesterol, indeks massa tubuh dan berat badan sehingga bisa dilakukan stratifikasi risiko.”
“Kurangilah minum es dan perbanyak minum air putih agar kondisi tubuh tetap terjaga dan lebih optimal saat berpuasa.”
Cara Merawat Vagina


Vagina memang sensitif. Organ intim ini begitu rentan terkena penyakit karena letaknya yang berdekatan dengan anus. Inilah yang menjadi alasan mengapa vagina mesti selalu dimanjakan dengan selalu dirawat dan dijaga kebersihannya. Mengenai caranya, mudah kok: [ Jangan lupa Gunakan Crystal X ]
1. Bersihkan vagina setiap habis buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB).
Air yang digunakan untuk membasuh mesti bersih, yakni air mengalir yang langsung dari keran. Penelitian menguak air dalam bak/ember di toilet-toilet umum mengandung 70% jamur candida albicans. Sedangkan air yang mengalir dari keran di toilet umum mengandung kurang lebih 10-20% jenis jamur yang sama. Kebersihan vagina juga berkaitan erat dengan trik pembasuhannya. Yang benar adalah dari arah depan (vagina) ke belakang (anus) dan bukan dari anus ke arah vagina. Cara yang disebut terakhir itu hanya akan membuat bakteri yang bersarang di daerah anus masuk ke liang vagina dan mengakibatkan gatal-gatal. Setelah dibasuh, keringkan Mrs. V dengan handuk lembut agar tidak basah. [ Jangan lupa Gunakan Crystal X ]
2. Menyeimbangkan ekosistem vagina
Cara ini paling ampuh untuk mencegah timbulnya infeksi. Kelembapan ideal vagina berkisar antara pH 3,8–4,2. Dengan tingkat keasaman tersebut, bakteri baik lactobacillus akan subur sementara bakteri patogen akan mati sehingga infeksi pun dapat dicegah. Keseimbangan ekosistem secara alami akan terjaga, bila ibu selalu menjaga kebersihan vagina dan tetap menjaga wilayah vagina tetap kering.
3. Lakukan pemeriksaan wilayah sekitar organ intim
Dengan begitu bila terjadi infeksi dapat segera diketahui. Infeksi ditandai dengan terjadinya perubahan warna di daerah sekitar vagina (menjadi lebih merah) dan terkadang disertai bau yang kurang sedap juga rasa gatal. Jika ditemukan tanda-tanda seperti itu berkonsultasilah pada dokter ahli obstetri-ginekologi serta dokter ahli kulit dan kelamin.
4. Gunakan cairan pembersih secukupnya
Pilihlah cairan pembersih khusus vagina yang kadar pH-nya antara 3-4 (bisa dibaca pada kemasan). Hindari pembersih yang memiliki pH tinggi karena akan membuat kulit kelamin cepat keriput, dan mematikan bakteri baik.
5. Pilih celana dalam katun
Katun dapat menyerap keringat dengan baik. Bahan lain, misalnya, nilon yang bersifat panas dapat menimbulkan kelembapan berlebihan dan mendorong tumbuhnya jamur serta bakteri patogen di wilayah vagina. Gantilah celana dalam minimal 2 kali sehari atau 3-4 kali bagi yang memiliki mobilitas tinggi.
6. Hindari mengenakan celana atau jins yang ketat
Ini agar Mrs. V tidak kepanasan lantas berkeringat. Keringat merupakan “makanan lezat” bagi jamur di seputar vagina. Bila terpaksa harus menggunakan celana ketat usahakan tidak seharian dan selingilah dengan mengenakan pakaian longgar di rumah agar sirkulasi udara maupun darah kembali lancar hingga meminimalkan suburnya jamur di situ.
7. Penggunaan pantyliner
Sebaiknya tidak menggunakan pantyliner, kecuali lendirnya memang berlebihan. Bila terpaksa menggunakan, sebaiknya pantyliner diganti setiap habis BAK maupun BAB dan jangan menggunakannya seharian. Cairan yang tertampung pada pantyliner justru akan membuat vagina jadi kelewat lembap hingga berpeluang menyuburkan tumbuhnya jamur. Pilihlah pantyliner yang tidak mengandung parfum. Zat kimia yang terkandung pada parfum dapat memicu timbulnya alergi bagi yang berkulit sensitif dalam bentuk rasa gatal dan memperparah keputihan.
8. Mencukur rambut kemaluan/bulu pubis
Meski bulu pubis berguna sebagai pelindung vagina namun bagi yang memiliki bulu pubis ekstralebat disarankan untuk dicukur. Bulu pubis yang terlalu lebat bisa menahan keringat di sekitar vagina sehingga dapat menjadi pemicu berkembang biaknya jamur. Tak perlu mencukur sampai habis, cukup yang berbatasan dengan bibir kelamin.
9. Hindari pemakaian bedak
Bedak memiliki partikel-partikel halus yang mudah terselip di sana-sini dan akhirnya mengundang jamur serta bakteri untuk bersarang di tempat itu. Jadi hindari pemakaian bedak pada organ kewanitaan, apalagi bila hanya bertujuan agar vagina harum.
10. Pilih-pilih pembalut
Pilih pembalut berdaya serap tinggi dan terasa lembut ketika dipakai demi mengurangi iritasi pada daerah kulit vagina. Hindari pembalut yang menggunakan wangi-wangian karena bagi yang berkulit sensitif, zat kimia yang terkandung dalam wangi-wangian ini akan membuat vagina menjadi gatal dan iritasi.
11. Bila gatal-gatal
Jangan garuk organ intim segatal apa pun. Membilas dengan air hangat juga tidak disarankan mengingat cara itu justru bisa membuat kulit di sekitar Mrs. V bertambah merah dan membuat rasa gatal semakin menjadi-jadi. Lebih baik kompres vagina dengan air es sehingga pembuluh darah di wilayah organ intim tersebut menciut, warna merahnya berkurang, dan rasa gatal menghilang. Alternatif lain, basuh vagina dengan rebusan air sirih yang sudah didinginkan. Atau, gunakan PK yang dicampur dengan air dingin. Takarannya, 1 sendok teh untuk air satu ember ukuran sedang. Penggunaan PK dengan dosis tidak tepat bisa membakar kulit dan membuatnya kering berwarna kecokelatan. [ Jangan lupa Gunakan Crystal X ]
Resep Sehat Untuk Anak Anak dan Orang Tua


Bahan :
  • 3 Gelas Kecil Air
  • 1 Sachet agar agar ber merk (biasa pakai swallow) original tanpa pewarna
  • 3 Sendok makan SBMN (Serbuk Beras Merah Natural) dari PT Natural Nusantara
  • 3 sendok makan Susu Kedelai dari PT Natural Nusantara’
  • Gula Aren dan daun panda secukupnya
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan dalam panci,  masak dengan air kecil, aduk pelan pelan sampai mendidih.
  • Matikan Api dan biarkan dingin

Reaksi Crystal X Untuk Keputihan


Reseller dari Cirebon, kembali bertanya tentang efek Crystal X. Dia menanyakan berapa lama Crystal X harus digunakan agar keputihannya bisa benar benar hilang. Karena sudah sudah seminggu kastemer nya memakai Crystal X, keputihannya belum hilang dan malah bertambah banyak.
“Ooooooooo……….. itu memang cleansing, Bu, ga papa. Bahkan ada kasus dimana yang dikelurkan bukan cairan keputihan, tetapi kaya’ tisu hancur kena air”, jawab saya. “Iya, pak. Awalnya juga keluar seperti tisue basah, sekarang sudah berganti cairan keputihan”, reseller itu mengiyakan. “Ya sudah, terus digunakan Bu, jangan berhentiCrystal Xnya”.
Ah semoga saja kastemer itu segera diberikan kesembuhan dari keputihannya. Aminn…
Tips Memilih Suplemen


Suplemen kesehatan adalah produk kesehatan yang mengandung satu atau lebih zat yang bersifat nutrisi atau obat. Yang bersifat nutrisi termasuk vitamin, mineral, dan asam –asam amino, sedangkan yang bersifat obat umumnya diambil dari tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat. Pada umumnya, food suplement berasal dari bahan–bahan alami tanpa bahan kimia (harus murni) dan merupakan saripati bahan makanan. Sebelum mengkonsumsi food Suplement tentunya anda harus yakin produk mana yang terbaik dan benar–benar anda butuhkan.
NASA menyediakan suplemen terbaik sesuai kebutuhan anda, diantaranya adalah Natural Lecithin dan Natural Chlorophyllin. Natural Lecithin berfungsi untuk mensuplai nutrisi dasar bagi metabolisme kerja tubuh yang normal, Sedangkan Natural chlorophyllin bermanfaat untuk membantu mendetoksifikasi zat–zat berbahaya atau cemaran dalam tubuh. Kedua suplemen ini terbukti mampu membantu menjaga kesehatan dan membantu penyembuhan berbagai penyakit. Dan yang terpenting adalah aman dan bisa dikonsumsi oleh semua kalangan umur.
Berikut ini tips yang dapat anda gunakan dalam memilih & menggunakan food supplement :
  • Sesuaikan dengan kebutuhan apakah membantu penyembuhan, menjaga stamina & kesehatan, untuk kecantikan, dan lain-lain. Jika perlu mintalah petunjuk dari pihak produsen atau ahli kesehatan.
  • Pelajari suplemen yang anda pilih (baca keterangan produk pada kemasan/label, buku panduan produk, leaflet produk, dan sejenisnya). Pelajari manfaat produk, komposisi bahan, dosis, indikasi, cara penyimpanan, dan petunjuk – petunjuk lain.
  • Jika anda sudah menemukan food supplement yang tepat, maka sangat penting untuk mengkonsumsi suplemen secara bijaksana sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
  • Pastikan food supplement anda aman, keterangan yang anda baca akan sangat membantu memastikan keamanan produk yang dikonsumsi.
  • Disiplin dan rutin dalam mengkonsumsi sesuai dosis anjuran.
  • Periksa perkembangan setelah mengkonsumsi, yang dapat dinilai secara subyektif (yang dirasakan oleh anda sendiri) dan obyektif (diuji secara klinis maupun laboratorium).
  • Pemeriksaan secara rutin akan sangat baik untuk memantau perkembangan anda.
  • Pepatah “sedia payung sebelum hujan” dan “menjaga lebih baik dari mengobati” sangat bermanfaat jika anda mengkonsumsi food supplement dengan tujuan untuk membantu penyembuhan.
  • Setelah dinyatakan sembuh (secara subyektif & obyektif menunjukkan perkembangan yang baik) sangat disarankan tetap mengkonsumsi dengan dosis yang sesuai untuk pemulihan dan menjaga kesehatan.

Ade Ray: Sehari Lebih Dari 10 Butir Putih Telur. Mengapa?

Tidak ada komentar: